7 Tips Mengurangi Bahaya Internet Untuk Anak

image courtesy : telegraph
Di jaman kemajuan teknologi yang sangat pesat, terkadang kita tidak bisa menjauhkan anak-anak dari internet. Seperti halnya teknologi lainnya, internet mempunyai 2 sisi yang saling bertolak belakang, bila dipergunakan dengan benar, akan membawa manfaat. Tapi bila dipergunakan dengan salah, bisa membawa banyak kerugian. Tidak ada salahnya membekali anak dengan teknologi, asalkan dengan bijak kita mengawasi dan mengontrol penggunaannya. Beberapa tips berikut mungkin bisa diterapkan untuk mengurangi bahaya internet bagi anak kita:
1. Agar mudah dikontrol, gunakan akun kita untuk hp/gadget yang dipakai anak.
Dengan menggunakan akun kita, bisa lebih mudah mengecek aplikasi yang didownload anak anak
2. Sesuai dengan ketentuan dan syarat dari sebagian besar akun sosial media, jangan izinkan anak mempunyai akun sosial medianya sendiri sebelum berusia 13 tahun. 
3. Jika diperlukan berinternet, batasi konten yang bisa dibuka anak, dengan cara :
- hidupkan parental controls di Google Play (ubah dari off ke on)

- Buat PIN, 

pilih filter berikut :
untuk aplikasi, games, film, dan TV : pilih tingkat usia maksimum yang diperbolehkan untuk di-download atau dibeli
untuk musik dan buku : cari pilihan untuk membatasi download
setting ini berlaku hanya untuk hp yang disetting saja, untuk hp lain dengan alamat email yang sama, perlu disetting lagi
4. Bila menemukan iklan yang tidak sesuai dengan usia anak, laporkan ke google support 
https://support.google.com/googleplay/contact/rap_family 
5. Agar anak tidak sembarangan membeli/mendownload aplikasi berbayar di google play store, pilih pengaturan-->perlu persetujuan untuk membeli 

6. Bila anak suka menonton video di youtube, ubahlah setting youtube menjadi mode terbatas. 
masuk ke setting (pengaturan) --> pilih umum --> mode terbatas
Pengaturan ini akan menyembunyikan video yang mungkin berisi konten tidak pantas yang sudah diberi tanda bendera (flag) penggunanya.
7. Karena pengaturan mode terbatas, masih belum 100% akurat, bila kita masih melihat video-video di youtube yang kemungkinan berbahaya untuk anak-anak : 
beri tanda bendera (flag) untuk video yang berisi konten yang pantas, tidak sopan, berbau pornografi. Komentar-komentar yang tidak sopan/mengandung kekerasan juga bisa dilaporkan dengan meng-klik panah di kanan atas komentar.
You tube akan mereview konten-konten yang diberi tanda bendera dan menghapusnya jika bener-benar melanggar.
Atau bisa juga coba gunakan aplikasi YouTube Kids, aplikasi ini bisa didownload di playstore atau https://kids.youtube.com
Selain membatasi konten yang bisa dilihat anak, aplikasi ini juga dilengkapi timer untuk membatasi waktu anak. Iklan di youtube kids juga sangat dibatasi. Bila ingin tontonan youtube kids tanpa iklan, gunakan you tube red (versi berbayar youtube)

You Might Also Like

Flickr Images